Friday 6 March 2015

Karya Ilmiah Lingkungan Bisnis Kontes Desain di 99desain.com


KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS
“Kontes Desain di 99Designs.com”



Nama          : Muhammad Fauzi
NIM            : 14.11.8162

ABSTRAK
          Banyak sekali cara untuk mendapatkan uang di internet untuk menambah penghasilan kita, uang di internet kebanyakan bernilai dolar, jadi nilai jual ke rupiahnya akan besar. Dan caranya pun dilakukan dengan sangat mudah, bisa dilakukan dimana saja asalkan kita mempunyai koneksi internet tentunya. Kali ini saya akan menulis karya ilmiah tentang Peluang Bisnis mengikuti Kontes Desain di 99designs.com. Banyak pilihan kategori kontes , mulai dari membuat desain logo, kartu nama,
background, banner, flyer, WEB desain, T-shirts desain, dll. Dan yang mengadakan kontes / yang membayar desain kita pun cukup banyak, setiap harinya ada lebih 1200 project/kontes berlangsung dan para desainer / yang membuat desain cukup banyak dan tentunya dari berbagai negara termasuk desainer dari Indonesia juga banyak yang sudah bergabung. Hadiah yang diberikan  setiap kontespun cukup besar mula dari puluhan hingga ribuan dolar. Itulah yang saya dapat saat Kuliah lingkungan bisnis di STMIK AMIKOM Yogyakarta
   
ISI
            Karya ilmiah ini akan membahas tentang Peluang Bisnis mendapatkan uang diinternet melalui kontes desain di 99designs.com, kontes ini cukup menggiurkan karena kita hanya mendesain dirumah atau dimanapun karena kontesnya bersifat online, dan jika desain kita berhasil menjadi finalis / pemenang, maka kita dibayar dengan Dolar hingga ratusan dolar bahkan ribuan dolar. Walaupun kita tidak begitu mahir dengan desain, kita bisa mengajak teman kita untuk membuat desainya, dan kita yang mensubmit / mengikutkan kontes desainya, dan jika menang bisa bagi hasil dengan teman kita.
·       Mendaftar di 99designs.com
Cara mendaftarnya cukup mudah, tapi syaratnya harus punya akun email. Langsung saja klik daftar disini https://99designs.com/signup



        Masukan Email yang valid dan password baru untuk masuk / login ke 99desain , kemudian pilih i’m designer artinya anda seorang desainer(peserta kontes), kalau yang i need something designed itu artinya anda menginginkan desain(pemegang kontes). Setelah itu klik Sign Up , jika berhasil, buka emailmu dan klik tautan dari 99 desain untuk aktifasi akun, kemudian 99desain akan melakukan identifikasi anda, bisa menggunakan login facebook dan twitter, klik salah satu. Setelah selesai, anda harus update profil, seperti foto dan info lainya.

·      Cara Ikut Lomba

Setelah akun aktif , Kemudian login dan kita dapat mencari kontes yang sesuai dengan keahlian disini https://99designs.com/browse. Pilih kontes yang mudah,  kontes web desain biasanya adalah kontes dengan nilai hadiah yang tinggi rata -rata ribuan dolar atau lebih dari 10juta (kalau dalam rupiah), karena web desain tergolong sulit dan saingannya tidak sebanyak kontes logo. Masukalah ke sebuah kontes yang dirasa menarik kemudian jangan lupa untuk membaca design brief agar kita mengerti desain seperti apa yang diinginkan CH (Contest Holder/pemegang kontes) Setelah memilih kontes yang dirasa pas dengan kemampuan kita pilih, segera buat desainnya dengan inkscape, corel draw, xara lx, adobe ilustrator, kemudian upload desainmu, pada halaman kontes pilih tab "submit a design" pada saat akan mengupload desain kamu akan diberi 3 pertanyaan yang intinya kita harus sudah membaca design brief, harus mendesain sebagai gambar vector dan tidak boleh menggunakan stock atau vector art dalam membuat desain tersebut.



·      Tips



-        Baca brief logo, pahami dan hayati kemauan si CH
-        Mencari inspirasi logo yg akan kamu buat / coret2 di kertas ato apalah
-        Lalu buat logonya di komputer dengan software vector (inkscape, corel draw, xara lx, adobe ilustrator)
-        Setelah selesai save dulu hasila kerja mu
-        Lalu export logonya ke JPG (ukuran bebas) / kira2 seukuran 600x300
-        Submit logomu ke 99 designs, sertai dengan komentar "need feedback sir please"
Setelah selesai tunggu komentar dari CH, ada 2 kemungkinan logo kamu dieliminasi atau mendapatkan rating




REFERENSI
Permikiran Sendiri
http://www.ahlidesain.com















1 comment:

  1. Terimakasih kemarin udah mampir diblog saya gan. Masalah penerimaan GA itu tergantung waktu aja gan, sesuai syarat apa gak. Jika sudah sesuai syarat insya allah bisa kok menjadi publisher di google adsense.

    Ngomong" sering mampir juga kah di 99design gan? itu situs bagi freelance yang hobbynya design ya gan, dan karyanya dinilai oleh perusahaan yang akan menggunakan design tersebut.

    Salam kenal

    ReplyDelete