Saturday 7 March 2015

Karya Ilmiah Lingkungan Bisnis "Bisnis Sate Buah"



KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS
“Bisnis Sate Buah”


Nama          : Muhammad Fauzi
NIM            : 14.11.8162
AMIKOM YOGYAKARTA


ABSTRAK
          Banyak cara dalam mencari peluang usaha agar bisa mendapatkan penghasilan untuk diri sendiri maupun orang lain, banyak juga berbagai inovasi yang bisa kita buat dan kembangkan. Salah satunya yaitu Sate Buah , merupakan inovasi yang unik, karena sate pada umumnya terbuat dari
beberapa potongan daging kecil yang di tusuk dan dibakar serta diberi bumbu sate yang khas.  Tapi kali ini adalah Sate Buah, dimana yang ditusuk adalah beberapa potongan buah segar yang beragam serta di bumbui coklat, susu, dan sebagainya. Ini merupakan bisnis yang sangat mudah, tidak memerlukan Modal yang banyak , harga jualnya murah, serta bisa dinikmati semua kalangan. Semoga karya ilmiah ini bermanfaat bagi semua yang membacanya.

ISI
            Dalam karya ilmiah ini, saya akan membagikan peluang bisnis usaha Sate Buah yang menguntungkan, dengan modal sedikit, tetapi untungnya bisa berlipat lipat. Bisnis Sate Buah ini sangat gampang, tidak memerlukan alat yang banyak, tempat jualan yang relatif mudah (tidak memerlukan gerobak), serta bisa dikonsumsi semua kalangan terutama pecinta buah buahan, sehingga bisa dilakukan oleh siapapun yang ingin berbisnis kecil kecilan atau bisnis sampingan atau bisa juga yang bisa diberikan ke teman, saudara, bahkan orang lain dengan sistem bagi hasil.
·       Apa itu Sate Buah
Sate buah merupakan makanan buah buahan yang segar, dan bergizi yang dikupas lalu dipotong kecil kecil dengan bentuk potongan yang bervariasi, ada yang bentuknya kotak, segitiga, dan bulat, bahkan bisa dibuat berbagai bentuk, dan ukuranya sekitar besar buah klengkeng atau buah strowberi. Buah yang dipakai biasanya buah Pepaya, Melon, Nanas, Stroberi, Pisang, Semangka, dan buah buahan lainya yang pas buat dibentuk. Dalam satu tusuk bisa diisi antara 3 – 5 potong buah yang berbeda ataupun sama, sesuai selera. Dan diberi bumbu seperti Susu kental, coklat yang dilelehkan, dan bahan lain yang bisa dijadikan bumbu sate buah.
·      Nilai / Kandungan Gizi
Tentunya kalau kita mendengar kata Buah, pasti terkandung banyak vitamin didalamnya apalagi dalam Sate Buah merupakan buah buahan yang segar. Dibawah ini beberapa nilai gizi dari buah buahan yang akan kita buat Sate Buah :
·         Pepaya             : Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Kalsium, Karbohidrat, dll
·         Melon              : Serat, Cairan kaya Nutrisi, Kalium, Vitamin C, dll
·         Nanas              : Kaya akan Vitamin C, dan Vitamin A.
·         Pisang              : Vitamin B6, Karbohidrat, Karotin, Vitamin C, dan Kalium.
·         Semangka        : Natrium, Kalium, Sitrulin, dll
·         Strowberi        : Vitamin C, Zat Besi, Antosianin, Asam Elagat, dll
Itulah beberapa kandungan gizi dari buah buahan yang akan kita olah menjadi Sate buah yang memang terbukti mengandung vitamin dan kaya akan manfaatnya.
·      Cara Membuat / Resep Sate Buah
·         Alat
-   Pisau
-   Telenan kayu / plastik
-   Piring
-   Panci kecil
-   Kompor
-   Pengaduk / Sendok
·         Bahan
-   Buah Pepaya, potong bentuk bulat / kotak
-   Buah Nanas, potong bentuk segitiga kecil
-   Buah Pisang, potong bentuk silinder
-   Buah Strowberi, belah dua memanjang
-   100 Gram Dark Cooking Chocolate, dilelehkan
-   Beberapa Tusuk Sate (pastikan tusuk sate tidak tajam dan tidak halus)
·         Cara Membuat
1.  Tusuk potongan Nanas, Pisang, Pepaya, dan Strowbery pada tusuk sate, atur jangan sampai renggang.
2.  Untuk membuat bumbunya, langsung lelehkan saja 100 Gram Dark Cooking Chocolate kedalam panci dengan sedikit air matang dan aduk agar merata.
3.  Celup kan atau taburi tusukan buah dengan bumbu coklat.
4.  Selesai, Sate Buah siap jual, atau bisa juga di dinginkan dalam Freezer.
·      Sasaran Pemasaran
            Untuk menjual Sate Buah, tidak terlalu sulit, karena anak SD,SMP,SMA bahkan Mahasiswa pun suka dengan sate buah ini, apalagi harga Sate Buah ini cukup Murah yaitu berikisar antar Rp.500 –  Rp.2000 , tergantung pada bahan yang kita gunakan. Dengan harga yang sangat terjangkau, memasarkanya pun tidak terlalu ribet, cukup dengan menyimpanya dalam box yang dibawahnya berisi es dan Sate buah ditaruh di atasnya dan siap untuk dipasarkan. 

            Demikian Karya Ilmiah yang saya buat, apabila ada kesalahan dan kekeliruan, saya mengharapkan kritik dan saran yang mendukung. Termakasih

REFERENSI
Permikiran Sendiri














No comments:

Post a Comment